Senin, 31 Mei 2010

PERSIAPAN DAN KESIAPAN MANTU/NGUNDHUH MANTU


Rencana mempunyai khajad mantu ataupun ngundhuh mantu, diperlukan persiapan dan kesiapan agar sesuai dengan harapan kita, baik berupa materi maupun non materi yang menyesuaikan dengan kemampuan pribadi serta rencana yang diinginkan. Setiap daerah memiliki adat istiadat dan kebiasaan yang berbeda tentunya hal inipun juga akan mempengaruhi persiapan dan kesiapannya.
Di bawah ini kami sampaikan persiapan dan kesiapan Khajad Mantu khususnya di daerah perkotaan pada umumnya.
!. TEMPAT PENYELENGGARAAN
Tempat Penyelenggaraan dapat di rumah apabila tempat memungkinkan, tetapi apabila penyelenggaraan di gedung setidak-tidaknya 4 bulan sebelum hari "H" sudah dipastikan gedung yang akan digunakan untuk penyelenggaraan acara. Hal ini dikarenakan apabila tidak jauh hari terutama apabila di bulan-bulan tertentu dimana banyak orang punya khajad mantu akan sulit untuk mendapatkan gedung disamping itu untuk segera dapat menetapkan hari tanggal pelaksanaan.

2. MASAKAN/HIDANGAN YANG AKAN DISAJIKAN
Apabila akan memasak sendiri perlu direncanakan menu hidangan, peralatan dan rencana anggarannya, tetapi apabila akan menggunakan jasa katering maka 3 bulan sebelum hari "H" harus sudah mendapatkan katering yang akan digunakan serta menu hidangan yang dikehendaki.
3. PERIAS
Menentukan siapa perias yang akan digunakan setidak-tidaknya 3 bulan sebelum hari "H". Menentukan paket yang akan dipilih sesuai dengan yang dikehendaki.
4. DEKORASI
Dekorasi ada 2 yaitu dekorasi rumah dan dekorasi gedung, khususnya dekorasi gedung sebaiknya digunakan jasa dekorasi yang profesional, umumnya mereka telah menyiapkan paket-paket yang dapat dipilih, sebaiknya dilakukan 3 bulan sebelum hari "H".
5. HIBURAN
Hiburan termasuk Sound System yang akan digunakan sudah mendapatkan kepastian setidak-tidaknya 2 bulan sebelumnya.
6. PRANATACARA
Pranatacara inilah yang akan membuat suasana acara menjadi hidup dan "regeng", maka sebaiknya dipilih pranatacara yang benar-benar pengalaman dan profesional, setidak-tidaknya 3 bulan sebelum hari "H" pranatacara ini telah didapatkan.
7. MEMBUAT PERENCANAAN TAMU YANG AKAN DIUNDANG
Sebaiknya mulai direncanakan 3 bulan sebelum hari "H", dengan menggunakan buku tulis (bila perlu beberapa buku) untuk mencatat tamu yang akan diundang serta mengelompokkan sesuai dengan kelompok masing-masing, misalnya : teman kantor, teman organisasi, tetangga dsb. agar tidak ada yang terlewatkan. Jumlah undangan menyesuaikan dengan kapasitas gedung dan katering yang telah dipesan.
8. MENCETAK UNDANGAN
Cetakan Undangan mulai dipesan di percetakan kurang lebih 2 bulan sebelum hari "H", jumlah pesanan undangan disesuaikan dengan jumlah tamu yang direncanakan, dengan ditambah beberapa lembar untuk cadangan, ini dilakukan karena apabila terjadi kekurangan belum tentu percetakan mau menerima tambahan pesanan cetakan yang tidak banyak jumlahnya.
9. RAPAT

Rapat ada 2 yang pertama Rapat Keluarga, yang diundang hanya keluarga dekat, membahas rencana umum penyelenggaraan acara khajad. Kedua Rapat Panitia yang diundang keluarga dekat, tetangga, teman, orang-orang yang dianggap pengalaman dan mumpuni, pokok bahasan teknis penyelenggaraan acara dan membentuk kepanitiaan serta uraian tugasnya, dan membuat rencana kerja. Rapat ini dapat diselenggarakan beberapa kali menyesuaikan kebutuhan, tetapi untuk rapat terakhir kalinya pokok bahasan pengecekan persiapan dan kesiapan penyelenggaraan acara serta memecahkan kendala yang belum dapat terselesaikan. Perlu dibuat Buku Panduan Acara untuk memudahkan panitia satu sama lain dapat saling berkoordinasi dan mengerti tugas masing-masing. Rapat Keluarga maupun Rapat Panitia dapat diselenggarakan 2 bulan sebelum hari "H".
10. PENGIRIMAN UNDANGAN
Undangan telah dikirimkan ke alamat tamu yang akan diundang. Dilaksanakan 1 bulan sebelum hari "H". Terutama untuk undangan luar kota harus didahulukan.
11. HARI PELAKSANAAN
Dalam acara pelaksanaan tepat waktu harus dikedepankan, karena melesetnya waktu bisa berakibat fatalnya acara, terutama apabila acara resepsi diselenggarakan di gedung, kedisiplinan panitia termasuk juru rias, pranatacara dan paraga lainnya sangat diperlukan. Sebaiknya 45 menit sebelum jam undangan penganten dan rombongan sudah sampai di gedung, ini untuk menghindari masuknya penganten bersamaan dengan berjubelnya tamu yang datang.

SEMOGA BERMANFAAT

1 komentar:

  1. Terima Kasih P. Dwi sy makinmantap rencana kerja menikahkan putri kami.

    BalasHapus